Thursday, May 9, 2013

Tema GTK 3.4 Sundara OS

'Sundara' secara etimologi bermakna 'cakep', dan untuk memenuhi klaim itu tentunya harus dibuktikan. Alhamdulillah, hari ini kami akan berbagi pada Anda tentang  beberapa perbaikan terkait tampilan ini yang akan dimasukkan pada versi selanjutnya, yaitu Sundara OS 7.33.2 LTS Ultimate "Raja'"
Tema GTK 3.4 'Sundara OS'
Sejak awal kehadirannya, yaitu Sundara OS 1.33 LTS, kami tidak mengubah tema yang dibawaan dari distro induk kami, yaitu Zorin OS 5. Usut punya usut, ternyata tim pengembang Zorin OS ini tidak membuat tema GTKnya sendiri, Zorin OS saat itu menggunakan tema yang diambil dari Elementary OS, ya dengan perubahan sedikit di bagian scrollbar yang lebih lebar dan tema metacitynya. Kami hanya mengubah sedikit di bagian pewarnaan objek terpilih yang tadinya biru menjadi abu beserta tema metacitynya. Sementara untuk Sundara 3.33, kami mengubah skema tema abu tersebut menjadi hijau.




Semenjak GNOME 3 hadir, tentu sejak saat itu GTK 3 juga hadir menggantikan sistem tema GTK2 yang awalnya terpusat dalam berkas /usr/share/themes/Sundara\ OS/gtk-2.0/gtkrc menjadi modular dalam berkas-berkas CSS, dan tidak hanya itu, muncul juga tema yang diperuntukkan GNOME Shell, Cinnamon. Kami juga telah menambahkan tema untuk xfwm4 dan openbox, transisi yang cukup menyita perhatian. Semuanya kami turunkan dari Zorin OS, oh tentu saja selain skema warna sorot objek terpilih yang masih hijau, kami juga membuat warna yang lebih terang, yaitu putih dibandingkan abu untuk sebagian besar jendela.



Tema GTK pada Sundara OS 7.33 ini banyak perubahan yang cukup signifikan, terutama kami mengambil tema dari Elementary OS terbaru, eGTK 3.33. Langsung saja ya, ini beberapa tangkapan layar evolusi yang dialami oleh tema GTK Sundara OS:

Tema Metacity
Dialog Menu
Semakin Lembut, Semakin Indah
Tinjauan Centang
Cardapio Menu
Tema Ikon Karasa Jaga
Jika Anda merasa penasaran, apakah arti dari 'Karasa Jaga'? 'Karasa Jaga' dalam Bahasa Sunda artinya 'Terrasa di Masa Depan', nama yang cukup mewakili sifat futuristik, visioner dan progresif. Memang tepat, hampir setiap versi baru rilis, kami selalu memutakhirkan tema ikon ini. Dengan folder yang berwarna abu, agar serasi dengan keseluruhan tampilan, tema ikon ini diturunkan dari banyak sekali sumber, yang sebagian besar diturunkan dari tema Oxygen, Oxymentary dan Faenza. Semenjak versi 3.33, 7.33 dan 7.33.1, fokus ditujukan pada penambahan berbagai item ukuran 128px X 128 px. Pada awalnya, kami berpikir bahwa cukup dengan mengatur skala ikon 128px X 128 px sudah cukup mewakili semuanya, ternyata tidak, semakin kecil ukuran suatu ikon, detail yang ada semestinya dikurangi, stroke dipertebal dan tentunya disederhanakan. Untuk Karasa Jaga versi 7.33.2, kami membagi fokus pada beberapa item:
  1. Ikon ukuran 24px X 24px dan 16px X 16 px
  1. Ikon untuk systray mono terang
  1. Ikon symbolic untuk GNOME 3.6 ke atas
  1. Mimetypes yang lebih terintegrasi
Ikon 24px X 24 px dan 16 px X 16px
Ikon ukuran ini sebagian besar digunakan untuk bilah alat/tool bar, sehingga harus memperlihatkan detail yang jelas namun sederhana. 
Menu dengan Ikon yang Lebih Sesuai
Ikon Aplikasi 16px X 16px

Ikon Mimetype 16 px

Ikon untuk Systray Mono Terang
Systray Sistem Mono Terang

Ikon symbolic untuk GNOME 3.6 ke atas
 Kompatibel di Nautilus 3.6 dengan Ikon Symbolik
Ikon Symbolik Multimedia


Kompatibel di LXDE
Kompatibel di KDE







0 comments:

Post a Comment