Wednesday, August 27, 2014

[Tutorial] Penomoran Tajuk yang Berbeda pada LibreOffice (Mutakhir)

Setelah beberapa waktu lalu kami menjelaskan cara membuat penulisan penomoran tajuk (heading) yang berbeda, yaitu angka Romawi untuk tulisan dengan gaya Tajuk 1 seperti “BAB II LANDASAN TEORI”, dan angka Arab untuk tajuk-tajuk selainnya seperti “2.1 Digital Forensic” dengan trik penyembunyian. Hal ini ternyata memiliki efek samping yang tidak diinginkan, yakni penomoran kapsi (caption) gambar yang juga ikut menjadi angka Romawi, seperti “Gambar II.1 Penjelasan”, padahal yang diinginkan adaah “Gambar 2.1 Penjelasan”. Untuk itu, kami telah memperbarui tutorial sebelumnya dengan pendekatan yang berbeda. Tentu saja, tujuannya tetap sama, yaitu mendapatkan format tajuk yang memiliki penomoran yang berbeda seperti yang satu ini:

BAB I PENDAHULUAN
1.1 SubPendahuluan1
1.2 SubPendahuluan2

BAB II PEMBAHASAN
2.1 SubPembahasan1
2.2 SubPembahasan2
2.3 SubPembahasan3

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 SubKesimpulandanSaran1
3.2 SubKesimpulandanSaran2

Trik yang kami jelaskan saat ini pada dasarnya adalah memberikan tulisan dengan gaya baku seperti contoh tulisan “BAB II” yang ditempatkan sebelum tulisan dengan gaya Tajuk 1 (seperti contoh “BAB 2 LANDASAN TEORI”), kemudian menerapkan gaya Tidak Terlihat pada tulisan “BAB 2” tersebut. Akan tetapi, trik yang satu ini bukan tanpa efek samping. Jika pada tutorial sebelumnya efek sampingnya adalah penomoran kapsi gambar atau ilustrasi yang ikut-ikutan menjadi angka Romawi, maka pada tutorial terbaru ini efek sampingnya adalah penomoran tajuk pada Daftar Isi yang masih menggunakan angka Arab (1,2,3, dst). Oleh karenanya, kita memerlukan penyuntingan manual pada nomor-nomor tajuk di Daftar Isi. Akan tetapi, trik saat ini ditimbang lebih baik dibandingkan trik sebelumnya karena kita hanya perlu menyunting manual satu persatu nomor tajuk pada Daftar Isi yang kemungkinan jumlahnya sedikit dibandingkan menyunting satu per satu nomor kapsi pada gambar atau ilustrasi.

Untuk itu, silahkan perhatikan dan ikuti contoh dalam video berikut ini (klik tanda kotak pecah untuk tampilan layar penuh):

0 comments:

Post a Comment