:::: MENU ::::

Sistem Operasi Bebas dan Halal untuk Komputer Anda

  • Untuk semua perangkat laptop dan komputer Anda

  • Dapatkan selagi masih hangat

  • Sekali klik, langsung terbelalak

Thursday, September 14, 2017

Lingkungan desktop dengan sesi "Sundara desktop" dibangun dengan menggunakan beberapa elemen seperti Avant Window Navigator sebagai panel, Cardapio sebegai menu aplikasi dan Synapse sebagai peluncur satu untuk semua (all-in-one launcher). Sementara untuk Anda yang memiliki akselerasi perangkat keras, pada lingkungan ini Anda akan menggunakan Compiz sebagai manajer jendela yang digubah sedemikian rupa sehingga memberikan pengalaman mirip sistem operasi arus utama.

Salah satu hama (bug) yang sangat mengganggu di Sundara OS 38.10 adalah terkait manajemen jendela dengan sesi bawaan Compiz ini. Hama tersebut cukup mengurangi kenyamanan pengguna terutama ketika berpindah jendela aplikasi.
  1. Saat melakukan perpindahan jendela dengan menggunakan kunci Alt + Tab, aplikasi yang sedang diminimalisasi alias diperkecil tidak ikut muncul di dalam dialog perpindahan tersebut sehingga jika ingin berpindah ke jendela aplikasi yang sedang diminalisasi tersebut hanya bisa dilakukan dengan cara diklik di bilah tugas (taskbar) DockBarX;
    Melakukan Perpindahan Jendela dengan Kunci Alt + Tab
  2. Saat berpindah ke suatu jendela aplikasi A katakanlah, kursor tidak bisa melakukan interaksi apapun dengan aplikasi tersebut padahal jendela aplikasi A tersebut sudah aktif. Untuk mengaktifkan interaksi kursor dengan jendela, dibutuhkan satu kali lagi kunci Alt + Tab.
  3. Saat seluruh jendela diminimalisasi dan kursor diarahkan ke desktop, yang muncul di desktop bukanlah menu untuk memanipulasi desktop, melainkan menu dari aplikasi yang jendelanya terakhir diminimalisasi tadi.
Setelah kami telusuri, hal ini ternyata disebabkan oleh adanya salah satu konfigurasi Compiz yang awalnya ditujukan untuk menjaga agar jendela yang diminimalisasikan masih bisa dilihat kontennya di pratampil (preview) DockBarX.

Untuk melihat konfigurasi Compiz ini, bisa Anda lakukan dengan membuka aplikasi CompizConfig Settings Manager dengan mengetikkan "ccsm" di Cardapio atau di Synapse untuk hasil yang lebih cepat. (Kami ingatkan untuk berhati-hati saat membuka CpmpizConfig Settings Manager karena bisa melumpuhkan seluruh manajemen jendela di desktop). Di kotak penyaringan ketikkan "Workarounds", kemudian di bagian atas ada pilihan "Keep previews of minimized Windows" dan pilihan ini seharusnya aktif.



Untuk menghilangkan hama ini, kita harus mematikan pilihan ini. Sayangnya, konfigurasi Compiz terkait ini di lingkungan "Sundara Desktop" dilakukan dengan hard code sehingga tidak bisa dilakukan secara manual via CompizConfig Settings Manager. Anda bisa membuktikannya dengan mematikan tanda ceklis di bagian "Keep previews of minimized Windows" tersebut, tetapi sistem keukeuh akan menjadikannya kembali aktif.



Oleh karenanya itu mari ikuti panduan ini untuk mematikan opsi tersebut.

  1. Dengan menggunakan kewenangan root, buka berkas /usr/share/glib-2.0/schemas/10_sundara-settings.gschema.override dengan menggunakan penyunting teks kesayangan Anda. Di sini kita menggunakan Geany sebagai contoh via terminal
    sudo geany /usr/share/glib-2.0/schemas/10_sundara-settings.gschema.override
  2. Masukkan sandi Anda, kemudian setelah Geany terbuka hapus bagian ini
    [org.compiz.workarounds]
    keep-minimized-windows = true
  3. Lakukan kompilasi ulang skema GSettings dengan perintah 
    sudo glib-compile-schemas /usr/share/glib-2.0/schemas
  4. Keluar log dari desktop dan masuk log kembali
  5. Buka CompizConfig Settings Manager kembali dan pastikan opsi  Keep previews of minimized Windows di bagian Workarounds sudah tidak aktif

Perlu diketahui bahwa berkas /usr/share/glib-2.0/schemas/10_sundara-settings.gschema.override adalah konfigurasi yang akan menimpa konfigurasi berkas skema XML GSettings bawaan di folder yang sama (/usr/share/glib-2.0/schemas) yang nanti hasil dari kompilasi ini adalah berkas biner bernama gschemas.compiled yang akan digunakan oleh GSettings, sehingga dapat kita ketahui bahwa GSettings menjadi semacam API (Application Program Interface) untuk menyimpan dan mengambil pengaturan suatu aplikasi GNOME. Setting tree dari GSettings bisa Anda lihat juga di Penyunting dconf (dconf-editor).

Setelah Anda masuk log, coba lakukan perpindahan jendela dengan kunci Alt +Tab, seharusnya hidup Anda akan menjadi lebih indah kembali. :)

0 komentar:

Post a Comment

Bantu kami dalam pengembangan dengan infaq terbaik Anda Donasi