:::: MENU ::::

Sistem Operasi Bebas dan Halal untuk Komputer Anda

  • Untuk semua perangkat laptop dan komputer Anda

  • Dapatkan selagi masih hangat

  • Sekali klik, langsung terbelalak

Sunday, September 17, 2017

Menanggapi permintaan beberapa pengguna setelah pekan lalu Sundara OS 38.10.3 rilis untuk mengikutsertakan kembali arsitektur 32 bit, bersama ini kami umumkan bahwa build ISO untuk Sundara OS 38.10.3 LTS Ultimate "Katana" sudah tersedia.


Bersamaan dengan itu pula, untuk hama (bug) terkait manajemen jendela telah kami perbaiki baik di versi 32 bit maupun 64 bit.

Untuk rincian bisa melihat catatan rilis. Ada beberapa catatan terkait pembangunan arsitektur 32 bit ini:

  1. Seluruh paket yang dimasukkan identik dengan versi 64 bit, kecuali beberapa paket aplikasi yang tidak  tersedia versi 32 bit, seperti Google Chrome yang kami ganti dengan Chromium. Terkait hal ini, skrip pemasangan dan pencopotan untuk aplikasi Manajemen Web Sundara sudah kami sesuaikan dari Google Chrome menjadi Chromium.
  2. Untuk jangka panjang versi ini adalah versi terakhir yang mendukung 32 bit. Hal ini didasari oleh setidaknya tiga hal:
    • Pertama perangkat keras yang mendukung arsitektur 64 bit semakin umum, banyak distro GNU/Linux yang menjadikan 64 bit sebagai arsitektur pilihan utama bahkan beberapa distro GNU/Linux sudah mulai meninggalkan secara resmi arsitektur 32 bit. 
    • Kedua, Sundara OS ini secara umum tidak diperuntukkan bagi mesin lawas dengan spesifikasi rendah. Dengan begitu banyak layanan di latar dan aplikasi pengolahan gambar, platform permainan, penyunting video atau animasi di Sundara OS adalah tidak relevan jika terus menerus di sisi lain memaksa mesin dengan RAM 4 Gb ke bawah untuk melakukan pekerjaan relatif berat semacam itu. Jika memang ingin tetap menggunakan GNU/Linux (dan memang lebih baik demikian), kami sarankan mencoba distro lain yang lebih cocok untuk mesin lawas seperti Desa OS, BlankOn, LXLE atau Zorin Lite walaupun Sundara OS ini juga disediakan lingkungan desktop Manokwari dan bahkan yang lebih ramah pada penggunaan sumber daya seperti Awesome. 
    • Ketiga, mengingat (lagi-lagi) sumber daya manusia yang terbatas kami tidak bisa terus menerus memberikan dukungan dua arsitektur sekaligus seperti ini. Lebih baik fokus pada satu garapan dan jadikan yang terbaik.
Isu yang diketahui:
  1. Mozilla Firefox meminta pengaturan profil. Hal ini disebabkan karena isu hak akses. Untuk memperbaikinya, jalankan perintah di terminal sebagai berikut
    sudo chmod 755 -Rf ~/.mozilla
    Setelah itu jalankan ulang Firefox
  2. Pengaya di LibreOffice seperti QiOO (Quran in OpenOffice), InsertPict, Office SVG dan smART tidak dipasang karena memunculkan hama baru yaitu tidak bisa memanggil LibreOfficenya sendiri. Silakan mengkonsultasikan hal ini kepada komunitas LibreOffice luar atau dalam negeri, atau melihat catatan hama di Bugzilla LibreOffice.
Untuk mendapatkan arsitektur 32 bit, silakan akses halaman Unduhan.

4 comments:

  1. Replies
    1. Silakan boleh bergabung di grup Komunitas Remaster Linux Indonesia di Facebook (bisa menggunakan fitur pencarian Facebook)

      Delete
  2. Kangen nih sama sundara, setelah kencan terakhir sama Sundara OS Radja.
    Ijin download kang. Semoga Sundara OS bisa jadi standar untuk sistem operasi pendidikan tanah air.
    Maju terus kang...

    ReplyDelete

Bantu kami dalam pengembangan dengan infaq terbaik Anda Donasi