:::: MENU ::::

Sistem Operasi Bebas dan Halal untuk Komputer Anda

  • Untuk semua perangkat laptop dan komputer Anda

  • Dapatkan selagi masih hangat

  • Sekali klik, langsung terbelalak


Bagaimana cara memasang Sundara OS?
Untuk memasang Sundara OS ikuti panduan ini. diperlukan komputer/laptop dengan minimal ruang bebas 24GB, DVD kosong / 4GB USB drive, drive DVD / USB port dan tentu saja waktu luang.

Komputer saya telah terpasang Windows, apakah Sundara OS akan menimpanya?Apakah akan berpengaruh negatif pada sistem?
Komputer atau laptop dewasa ini bisa dipasang banyak sistem operasi, tidak terbatas hanya Windows saja. Sundara OS sebagaimana GNU/Linux lain mampu mengenali jika ada sistem operasi lain yang sudah terpasang di sistem. Anda bisa memilih; apakah akan membuatnya menimpa sistem operasi sebelumnya atau membuatnya berdampingan, lihat panduan pemasangan untuk lebih jelasnya. Bisa diibaratkan komputer itu mobil dan sistem operasi itu supir, satu mobil bisa saja pernah dikemudikan oleh banyak supir, tapi hanya boleh ada satu supir yang menjalankan mobil tersebut dalam satu waktu. Artinya, masing-masing sistem operasi bekerja secara paralel dan tidak mempengaruhi sistem satu sama lainnya, kecuali data-data pribadi.

Apakah Sundara OS bisa mengakses data-data di Windows?
Bisa, Sundara OS bisa mengakses data-data yang ada di partisi Windows, baik data-data pribadi maupun data-data sistem operasi Windows (bahkan bisa menghapusnya!). Sebaliknya, Microsoft Windows tidak atau belum bisa mengakses data-data yang ada di partisi Sundara OS.

Bagaimana saya meng-upgrade Sundara OS?
Suatu saat nanti mungkin Anda perlu mengganti Sundara OS Anda dengan yang baru dalam rangka untuk meng-upgrade. Untuk melihat bagaimana caranya, silahkan mengikuti panduan yang ada di bantuan.

Berapa harga Sundara OS dan bagaimana saya mendapatkannya?
Pada dasarnya, Sundara OS bisa didapatkan secara gratis (dengan asumsi tanpa memperhitungkan biaya koneksi Internet dan waktu) dengan cara mengunduhnya langsung atau bisa memesannya pada halaman ini.

Jaringan nirkabel saya tidak bekerja. Bagaimana ini?
Jika jaringan nirkabel Anda tidak bekerja secara otomatis silakan periksa "Additional Driver/Penggerak Tambahan" di Sundara OS untuk melihat apakah ada driver pihak ketiga yang tersedia untuk kartu nirkabel Anda. Anda perlu menggunakan akses internet Ethernet atau modem. Sundara OS sudah dilengkapi dengan program bantu koneksi modem WVDIAL selain NetworkManager untuk menjalankan modem. Solusi lain adalah dengan program driver Nirkabel Windows (Ndisgtk). Anda harus mendapatkan driver nirkabel versi Windows untuk kartu nirkabel Anda. Program ini akan memasang driver ke sistem Sundara OS.

Printer saya tidak bekerja di Sundara OS. Bagaimana agar dapat berjalan?
Sebagian besar driver printer sudah terpasang secara bawaan. Untuk kasus tidak bekerja, hal ini jarang terjadi. Hal ini bisa diperbaiki dengan menginstal TurboPrint.

Apa persyaratan sistem minimum yang saya butuhkan untuk menginstal Sundara OS?

  • Prosesor setara Pentium IV atau Celeron
  • 700 MHz prosesor x86
  • 20GB ruang Hard Drive, lebih disarankan 20-30GB
  • >784 MB memori sistem (RAM)
  • Kartu Grafis mampu resolusi 640x480 (ada pengecualian untuk VGA SIS) Kartu suara beragam jenis

Bagaimana cara memasang perangkat lunak pada Sundara OS?
Anda juga dapat memasang perangkat lunak pada Sundara OS dari ratusan katalog yang siap dipasang di Software Center, pasang dari paket yang dapat diunduh dari Internet atau memasang Perangkat lunak Windows.

Apakah semua perangkat lunak di Sundara OS gratis?
Sebagian besar iya, tapi ada juga beberapa yang mensyaratkan Anda membeli lisensinya. Anda juga bisa memasang perangkat lunak Windows yang berlisensi dengan bantuan Wine (jika Wine-nya sudah mendukung, silahkan lihat daftar perangkat lunak Windows yang sudah didukung Wine di sini)  

2 comments:

  1. NVidia Optimus sudah support?

    ReplyDelete
  2. ASK :

    mas bagaimana mengistall modemnya (modem saya sierra 312 u) ??

    ReplyDelete

Bantu kami dalam pengembangan dengan infaq terbaik Anda Donasi