:::: MENU ::::

Sistem Operasi Bebas dan Halal untuk Komputer Anda

  • Untuk semua perangkat laptop dan komputer Anda

  • Dapatkan selagi masih hangat

  • Sekali klik, langsung terbelalak

Selamat Datang Kebebasan Baru!!!

Sundara OS lahir dari akumulasi kegelisahan kami tentang perlunya kemerdekaan dan kemandirian dalam berkomputasi. Gotong royong yang selalu menggaung hinggap menjadi citra diri bangsa semestinya hadir juga pada dunia perangkat lunak. Akan tetapi, di antara cita itu ada belantara kekhawatiran tentang mitos-mitos yang tidak tepat tentang dunia Free Open Source Software: “Linux itu susah, Linux itu geek, Linux itu buat hacker”. Maka dengan ini kami nyatakan bahwa tidak, senyata-nyatanya tidak selalu seperti itu. Dunia desktop GNU/Linux telah berubah jauh berevolusi semakin ramah untuk pengguna normal rumahan. Sudah banyak sekali kontribusi yang diberikan para pengembang untuk kenyamanan dan kemudahan dunia desktop ini, dan jika Anda tidak cepat beralih Anda akan semakin termakan mitos-mitos menyesatkan tersebut.

Tapi, halangan tidak sampai di sana, begitu banyak persembahan perangkat lunak dalam dunia GNU/Linux yang masih terdengar asing di telinga para pengguna, dan masih banyak pengguna yang memiliki keterbatasan untuk melakukan penyesuaian konfigurasi oprek sana-sini, hanya agar mesinnya berjalan normal. Tidak semua orang punya waktu untuk memilih dan mengonfigurasi perangkat lunak: mengompilasi kernel, mencoba satu per satu aplikasi sejenis atau mengumpulkan pengaya/ekstensi yang benar-benar dibutuhkan. Juga tidak semua orang memiliki karunia bandwith yang mumpuni, bahkan untuk memiliki DVD lumbung, menjadi hal yang sangat menghabiskan waktu, uang dan tenaga. Di sinilah Sundara OS hadir, mencoba menjadi entitas yang membantu Anda menikmati nyamannya dunia GNU/Linux, mencoba menjembatani siapa pun yang memiliki niat yang kuat untuk merdeka dan mandiri dalam berkomputasi.

Kemudian, Sundara OS ini sebenarnya adalah distro remasteran yang mengambil induk Ubuntu. Kenapa Ubuntu, bukan Debian, Fedora, Arch atau Slackware? Atau kenapa bukan distro buatan Indonesia saja seperti BlankOn atau IGOS Nusantara? Kami mengambil keputusan ini kembali pada pertimbangan awal untuk memberikan kenyamanan pada batas tertinggi yang bisa dipersembahkan. Ubuntu, sebagai distro yang memiliki pengaruh besar dalam memperkenalkan GNU/Linux pada dunia desktop kini diakui ataupun tidak sudah menjadi distro de facto yang menjadi standar tidak tertulis GNU/Linux. Jika kita bicara GNU/Linux, tidak bisa tidak untuk langsung membayangkan atau merujuk pada distro sejuta umat ini. Kepopulerannya (di luar perbincangan ranking-ranking di Distrowatch) tiada tandingnya. Karena saking populernya, maka imbas baiknya komunitas dan dokumentasi resmi dan tidak resminya sangat melimpah, sehingga menjadi nilai tambah bagi pengguna awam, bahkan sangat awam untuk mencoba menggunakan GNU/Linux. Tanpa mengurangi rasa hormat dan tanpa meremehkan pengembangan distro-distro GNU/Linux apapun selain Ubuntu, kiranya ini merupakan keputusan yang tepat untuk langkah yang lebih besar.

Jika ada yang bertanya, dari mana asal kata 'Sundara OS'? Apakah terkait orang Sunda? Hmmm, sejujurnya bukan tentang itu saja. Kata 'sundara' berasal dari Bahasa Sansekerta dan sudah diserap oleh Bahasa Sunda yang memiliki makna 'tampan'. Nilai-nilai ke'tampan'an bukan berarti orientasi kita hanya melulu penampilan saja, melainkan lebih dari itu, kami memiliki keinginan menghadirkan perangkat lunak yang bebas dan merdeka dengan sajian yang lebih tampan, elegan, dan profesional. Kemudian 'OS', mudah ditebak, merupakan singkatan dari 'Operating System' menandakan produk kami memang berbentuk sistem operasi. Apabila dua kata ini digabung menjadi "SundaraOS", maka dapat memunculkan frasa baru yaitu 'Sunda Raos' yang bermakna "Sunda" yang "enak", yakni komitmen kami untuk tetap menghadirkan konteksual kearifan lokal nusantara.

Kemudian untuk penomoran versi, kami menggunakan sistem penomoran yang mirip dengan Ubuntu, hanya saja kami menyandarkan penanggalan pada kalender Hijriyyah, yaitu kalender berbasis gerakan bulan yang digunakan oleh Umat Islam. Setidaknya, penomoran versi ini memiliki dua bilah penomoran yang dipisahkan oleh titik:

Bilah pertama menunjukkan bulan rilis kemudian bilah kedua menunjukkan tahun rilis. Kemudian jika ada bilah yang ketiga maka itu menunjukkan versi pembaruan minor upgrade, misalnya Sundara OS 1.33 menunjukkan versi ini rilis pada bulan Muharram (1) pada tahun 1433 H (33). Sejak tahun 2017, konvensi penamaan ini dibalik, yaitu bilah pertama menunjukkan tahun rilis, dan bilah kedua menunjukkan bulan rilis. Sehingga versi 38.10 adalah rilis pada tahun 1438 H (38) dan pada bulan Syawal (10).

Kelebihan Utama
  • Serbaguna dan Lengkap
    Berkomputasi adalah tentang bagaimana pekerjaan kita selesai, bukan melulu tentang apa sistem operasi yang digunakan. Sundara OS hadir dengan  puluhan aplikasi-aplikasi yang bebas dan legal, melakukan pekerjaan sehari-hari menjadi seperti bukan mimpi buruk lagi.

  • Berorientasi Konten
    Untuk pengalaman berkomputasi yang lebih maksimal; setelah bicara aplikasi maka kelengkapan aplikasi yang Sundara OS hadirkan. Ada banyak sekali palet (template), pengaya (plugin/add-on), dan ekstensi di berbagai aplikasi yang siap Anda gunakan.
  • Bebas Malware dan Aman
    Masih berkutat dengan virus, trojan dan worm? Sebaiknya Anda berpikir ulang!!! Hari ini Anda beruntung menemukan jalan keluar jitu terhadap masalah komputasi sehari-hari Anda, Sundara OS bisyari'ati memberikan ketenangan pikiran pada Anda. Anda juga tak perlu khawatir untuk selalu melakukan pembaruan gratis setiap terkoneksi ke Internet.
  • Kompatibilitas Tinggi
    Anda tidak perlu lagi memasang driver-driver yang ikut hilang dengan CD/DVDnya. Dengan dukungan aplikasi Free Open Source dan Propietary terdepan, Anda bisa membuka dan menyunting berkas yang dibuat oleh Microsoft Office dari teman, berbagi berkas dokumen, suara maupun video dengan pengguna sistem operasi lain. Ada ribuan dukungan untuk printer, pemindai, kamera dan papan ketik untuk Anda.
  • Stabil dan Super Cepat dan Gegas
    Sundara OS merupakan sistem operasi berbasiskan GNU/Linux, sangat stabil dan gegas. Selamat tinggal blue death of screen. Berinternet ria pun tidak pernah secepat sebelumnya.
  • Kelenturan
    Anda bisa memasang Sundara OS dengan sistem operasi lain, Sundara OS secara otomatis akan mengenali sistem operasi lama Anda. Saat komputer dinyalakan, Anda diberikan pilihan untuk memakai Sundara OS atau sistem operasi lainnya.

    Sundara OS juga dilengkapi dengan Sundara Look Changer, Anda tak perlu khawatir terganggu akan masalah antarmuka dan kenyamanan. Apapun profesi Anda, Sundara OS memang mengerti Anda.

  • Aksesibilitas
    Komputer seharusnya bagi semua orang, oleh karenanya, tidak ada alasan untuk mendiskreditkan siapapun untuk menggunakan komputer. Sundara OS dilengkapi aplikasi untuk orang-orang yang memiliki keterbatasa fisik. Terdapat Orca dan Text to Speech untuk Anda.

4 comments:

Bantu kami dalam pengembangan dengan infaq terbaik Anda Donasi